Selasa, 07 Juni 2011

Entrepreneurship

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses.

Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.
Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatankesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan.


Contoh entrepreneur university : Universitas Brawijaya, sebagai Entrepreneur University, selalu berupaya mempersiapkan mahasiswanya untuk masuk dalam pasar kerja global dengan alat ukur yang tepat. Salah satunya adalah alat ukur proficiency Bahasa Inggris. Bila dilampirkan pada surat lamaran kerja, Sertifikat TOEIC menjamin keterandalan yang bersangkutan karena kemampuan berbahasa Inggrisnya yang berstandar internasional. Lalu ada hal nyata yang lebih mencolok yaitu dibangunnya guest house sebagai sarana penginapan yang merupakan usaha dari universitas Brawijaya untuk membangun entrepreneurship di lingkungan kampus. Lalu ada inbis, setahu saya inbis menyediakan fasilitas seperti fitnes, toko buku, ruang pertemuan, toeic. Inbis juga dibuka untuk umum, bukan hanya untuk mahasiswa universitas Brawijaya. Ada rumah pintar yang berfungsi untuk play group, pendidikan tingkat kecil, penitipan anak. Kegiatan di rumah pintar bersifat komersil dan dibuka untuk umum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar