Selasa, 07 Juni 2011

Employee, self employed, owner, dan investor

Employee
Employe bila diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah pegawai, karyawan, atau pekerja, yang artinya adalah orang yang telah memenuhi syarat yang berwenang, diangkat oleh orang atau pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan yang diembannya, lalu digaji berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku atau kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.
Biasanya tiap-tiap karyawan dalam mengerjakan pekerjaannya akan dilihat bagaimana ia mengerjakan pekerjaannya mulai dari kedatangannya hingga hasil akhir dari apa yang dikerjakannya. Karyawan yang terbaik akan diberikan penghargaan seperti yang sering kita jumpai adanya “employee of the month”.

Self employed
Self employed adalah orang yang bekerja sendiri, bukan untuk majikan atau bos. Artinya adalah orang yang menciptakan pekerjaaan sendiri atau yang biasa disebut dengan wirausaha.Ia menciptakan pekerjaan dan memulai usahanya dari nol. Pada awalnya ia hanya bekerja sendiri, tetapi bila ia sudah mencapai pada titik kesuksesan, maka ia bisa mempekerjakan orang dan menggajinya. Terlebih lagi ia bisa membuat cabang usahanya kemana-mana atau hanya memilih sebagai pemilik tunggal.
Orang yang bekerja sendiri mempunyai pendapatan yang tidak terbatas dan tidak menentu. Keuntungan bulan ini mungkin tidak sama dengan keuntungan bulan akan datang. Tetapi untuk mencapai kesuksesannya harus siap menerima segala resiko yang ada.

Owner
Dalam bahasa Indonesia artinya adalah pemilik. Bila dikaitkan dengan dunia kewirausahaan owner adalah orang yang memiliki sebuah perusahaan atau lapangan pekerjaan. Ia juga mempekerjakan orang – orang dan juga menggajinya.
Seorang pemilik perusahaan harus mempunyai taktik dan rencana yang matang untuk memajukan perusahaannya. Karena ia adalah pemilik dari suatu perusahaan, maka owner mempunyai kewenangan tertinggi untuk membuat kebijakan di perusahaannya.

Investor
Dalam dunia keuanganinvestor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.
Terkadang istilah "investor" ini juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian propertimata uangkomoditiderivatifsaham perusahaan, ataupun aset lainnya dengan suatu tujuan untuk memperoleh keuntungan dan bukan merupakan profesinya serta hanya untuk suatu jangka pendek saja. 

4 komentar:

  1. Thanks for sharing this information. I really like your blog post very much. You have really shared a informative and interesting blog post with people.. business articles

    BalasHapus
  2. Self employment juga di sebut dengan....dan ini kewirausahaan menurut....

    BalasHapus
  3. Persamaan self employed sama employed apaan yah??

    BalasHapus