Selasa, 07 Juni 2011

Definisi iptek dan seni

Kata ”sains” di-Indonesiakanmenjadi ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan berasal dari 2 gabungan kata, yaitu ilmu dan pengetahuan. Pengetahuan adalah segala sesuatu yang bisa dirasakan oleh panca indera kita, sedangkan ilmu adalah pengetahuan yang sudah menghasilkan kebenaran yang byektif. Secara etimologi, ilmu berarti “kejelasan”, karena itu ilmu mempunyai ciri kejelasan.
Kata ilmu sendiri dalam al-Quran terulang sebanyak 854 kali. Kata ini digunakan dalam arti proses pencapaian pengetahuan dari obyek pengetahuan sehingga memperoleh kejelasan.
Orangyang memperdalam ilmu disebut dengan spesialis, sedangkan orang yang banyak tahu tapi tidak mendalam disebut dengan generalis. Karena keterbatasan kemampuan manusia, maka sangat jarang ditemukan orang yang menguasai beberapa ilmu secara mendalam.
Teknologi adalah produk ilmu pengetahuan. Teknologi dapat berdampak positif maupun negatif dalam kesejahteraan manusia.
Seni adalah hasil ungkapan akal dan budi manusia dengan segala prosesnya. Seni merupakan ekspresi jwa seseorang. Hasilnya berkembang menjadi bagian dari budaya manusia. Seni biasanya identik dengan keindahan. Seni dapat diungkapkan dalam berbagai cara, baik itu suara, tarian, lukisan, pahatan atau ukiran, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar